Langsung ke konten utama

Cara Mudah Menabung Saham

Belakangan ini pemerintah bersama BEI sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye “YNS”.  Program YNS atau yuk nabung saham ini merupakan hasil kerjasama dari PT. BEI dengan otoritas jasa keuangan atau OJK dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang investasi saham yang masih sedikit dilirik oleh masyarakat.
Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa investasi saham itu sangatlah rumit dan membutuhkan modal yang sangat besar. Ya memang, tapi itu dulu. Sekarang dengan adanya program yuk nabung saham, Anda tidak perlu berpusing-pusing ria memikirkan kerumitan investasi saham karena sudah ada pihak broker yang akan memikirkannya. Selain itu pihak broker juga akan membuat laporan yang mudah dibaca dan dipahami oleh investor saham. Sistemnya pun dipermudah layaknya orang menabung seperti biasanya. Anda tinggal menyisihkan sebagian uang yang besarnya sama tiap bulan untuk membeli saham. Minimal pembelian saham adalah satu lot atau seratus lembar. Jika harga per lembar Rp 1000,00 maka Anda membutuhkan atau menyisihkan tabungan sebesar Rp 100.000,00 untuk membeli saham.
Dengan menyisihkan uang tabungan Anda sebesar Rp 100.000,00, lama kelamaan dan tak terasa investasi saham Anda akan meningkat. Kegiatan menabung saham ini idealnya dilakukan minimal dalam kurun waktu tiga tahun.
Menabung saham atau tabungan saham ini khusus dibuat untuk membeli saham secara rutin dan menyimpan hasil labanya. Ada berbagai cara untuk berinvestasi saham. Salah satunya yaitu dengan menbung  saham. Caranya pun bisa dibilang sekarang cukup mudah. Seperti ketika Anda membuka rekening di bank pada umumnya. Anda bisa datang ke bank dan membuka rekening  di pialang atau perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini seperti BNI sekuritas, Sinar Mas sekuritas, Panin sekuritas, Mandiri sekuritas dan masih banyak lagi.
Anda bisa memilih salah satu yang dirasa menguntungkan. Syarat-syarat yang digunakan untuk membuka rekening pun sama. Seperti identitas diri dan saldo minimal. Setelah mempunyai rekening, Anda bisa menentukan berapa nominal uang  yang akan disisihkan untuk investasi saham. Setorlah secara rutin setiap bulannya dengan jumlah nominal yang sama. Dan ini akan digunakan untuk membeli saham setiap bulannya. Ada dua pilihan untuk membeli saham. Pertama, bisa melalui broker dan yang kedua kita bisa membelinya sendiri melalui trading saham online. Dan yang perlu diperhatikan adalah penipuan yang mengatasnamakan keuntungan berlebih. Melebihi batas kewajaran dan kelaziman yang tidak sesuai dengan logika.  
Faktor lain yang harus juga dijadikan pertimbangan sebelum Anda menentukan untuk berinvestasi adalah faktor keuntungan dan kerugian. Setiap jenis investasi pastinya mempunyai kelebihan, kekurangan dan resikonya masing-masing. Maka dengan ini Anda harus bijak memilih jenis investasi, mengetahui resiko dan kelebihan setiap jenis investasi. Jika Anda tertarik dan berkeinginan mencoba investasi jenis ini, berikut trik dan tips serta resiko dari investasi menabung saham.
  • Dengan menabung saham seseorang akan dilatih untuk disiplin melakukan investasi.
  • Dana yang diinvestasikan akan berkembang dalam jangka panjang.
  • Dengan menjadi investor saham, Anda membantu perekonomian bangsa. Hal ini bisa dilihat jika suatu negara dengan tingkat korupsi rendah, maka banyak masyarakatnya yang melakukan investasi.
  • Melatih kesabaran dan keberanian dalam bermain saham. Keuntungan yang diperoleh tidak secara  instan namun membutuhkan jangka waktu. Selain itu dengan menabung saham akan mendapatkan  dividen dari keuntungan perusahaan dan membantu perekonomian dalam jangka panjang. So, tak  serumit yang Anda bayangkan  bukan, untuk berinvestasi saham.
Adapun resiko dari investasi menabung saham ini adalah
  •  Nominal investasi minimal haruslah satu lot.
  •  Harga saham bagus yang berharga di bawah Rp 1000,00 per lembar masih sangat jarang.
  •  Tidak bisa melakukan diversifikasi saham dengan cara menabung saham sehingga menyebabkan  resiko meningkat.
 Bagi Anda yang masih pemula atau pemain baru, ada baiknya Anda tidak perlu memikirkan koleksi  saham jika bermain saham dalam jumlah kecil dan retail. Sebaiknya Anda beli terus lupakan. Tidak  perlu lagi risau masalah emiten karena perusahaan sekuritas akan membuat laporan yang mudah  dibaca bagi orang awam sekalipun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masihkah Merasa Tabu Mengajari Sex Education untuk Anak

Beberapa waktu lalu lagi heboh dengan pemberitaan buku bacaan anak yang terdapat konten pendidikan sex. Dan ini membuat beberapa pihak ada yang merespon positif, ada juga yang kurang berkenan. Di sisi lain juga banyak yang menanggapinya jauh lebih bijak. Memang tidak salah mengajari sex education untuk anak, cara penyampaiannya saja mungkin yang harus lebih santun. Bahkan sex education itu sendiri memang harus diajarkan di usia dini agar anak paham, tidak salah mengartikan dan sebagai goalnya anak mampu untuk menjadi dirinya. Namun masih ada juga dikalangan masyarakat atau orangtua yang berpikir mengajarkan sex education merupakan hal yang tabu. Perlu dipahami terlebih dahulu oleh para orangtua bahwa sex education itu bukan hanya masalah hubungan intim, namun mencakup hal yang lebih luas. Mengenalkan anggota tubuh dan fungsinya, mengenalkan jenis kelamin, memisahkan tempat tidur anak laki-laki dan perempuan juga merupakan bagian dari  sex education. Menurut dr. Boyke ada beber

Kisah Sukses dibalik Almarhumah Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono, Si Juragan Taxi Blue Bird

Kisah sukses dibalik Emak yang satu ini di awali dari sebuah bemo peninggalan Almarhum suaminya. Almarhumah Mutiara siti fatimah djokosoetono, si  juragan Taxi Blue Bird memulai debutnya sebagai seorang pebisnis ketika suaminya meninggal. Bermodal bemo peninggalan sang suami, Emak yang satu ini mendirikan dan menjalankan usahanya dibidang transportasi. Berkat kegigihan usahanya, sekarang Blue Bird mempunyai armada sebanyak dua puluh satu ribu taxi dan mampu melebarkan sayapnya ke usaha angkatan kontainer. Kesuksesannya sekarang dimulai dari sebuah bemo yang dikemudikan oleh Chandra, putra sulungnya. Sedangkan putra keduanya purnomo bertugas sebagai kondektur karena belum memiliki surat izin mengemudi. Oleh karena itu di awal-awal berdiri lebih dikenal sebagai Chandra Taxi. Almarhumah Mutiara Siti Fatimah benar-benar mulai menekuni bisnis transportasi ini setelah menerima dua buah unit mobil dari polisi dan tentara sebagai balas budi atas pengabdian suaminya selama ini. Seiring den

Hati-Hati dengan Minuman Manis, Ada Apa Ya?

Harus mulai waspada dan pasang alarm nih bagi yang sedang menjalani diet atau ingin nurunin berat badan. Pasalnya minuman manis ini sudah menjelma menjadi wabah bagi kegagalan diet Anda. Dimana-mana ada juga ini minuman.  Menjamur mulai dari supermarket hingga toko-toko kecil dipelosok desa. Dan hal yang paling menyebalkan, mereka memproklamirkan sebagai minuman isotonik, vitamin C, teh sampai minuman berkarbonasi. Sayangnya kita sering tergoda tuh sama itu minuman. Percuma saja kan, kita dah capek-capek dan mati-matian nurunin berat badan, masih juga minum minuman manis. Memang ada hubungannya ya minum minuman manis, berkarbonasi, isotonik itu dengan berat badan ? dilansir dari penelitian di negara-negara yang kebanyakan masyarakatnya mengkonsumsi minuman ini  menyatakan bahwa meminum minuman jenis ini terbukti memicu kegemukan. Lalu apa gunanya kita berdiet untuk tidak memakan makan makanan manis tapi tetap saja mengkonsumsi jenis minuman ini. Minum air putih, perbanyak makan sa